Sunday, April 15, 2018

SEJARAH BALI

SEJARAH NAMA BALI




Sejarah Indonesia - Tahukah nyame Bali bagaimana asal mula nama Bali, tempat berstananya beberapa dewata? Tersebut keterangan secara singkat. Semoga dapat menaikkan pengetahuan kita. Kehadiran seseorang Maha Rsi Markandeya era ke-7 memberikannya efek besar pada kehidupan masyarakat Bali. Beliau yaitu seseorang pertapa sakti di Gunung Raung, Jawa Timur.


Suatu hari beliau memperoleh bisikan gaib dari Tuhan buat berada tinggal di samping timur Pulau Dawa (pulau Jawa saat ini) . Dawa berarti panjang, karna memanglah dulunya pulau Jawa serta Bali jadi satu daratan.

Nama - Nama Penemu Bali 


Dengan disertai oleh 800 pengikutnya, beliau mulai bergerak ke arah timur yang masih tetap berbentuk rimba belantara. Perjalanan beliau cuma hingga di daerah Jembrana saat ini Bali Barat karna pengikut beliau tewas dikonsumsi harimau serta ular-ular besar penghuni rimba. Pada akhirnya beliau mengambil keputusan kembali pada Gunung Raung buat bersemedi serta mencari pengikut baru.


Dengan semangat serta kemauan yang kuat, perjalanan beliau yang ke-2 berhasil meraih tujuan di kaki Gunung Agung (Bali Timur) yang saat ini dimaksud Besakih.


Sebelumnya pengikutnya merabas rimba, beliau melaksanakan ritual menanam Panca Dhatu berbentuk lima type logam yang dipercayai bisa menampik bahaya. Perabasan rimba berhasil, tanah-tanah yang ada beliau bagi-bagi pada pengikutnya buat jadikan sawah, tegalan, tempat tinggal, serta tempat suci yang dinamakan Wasukih (Besakih) .

Asal Muasal Sejarah Bali


Di sinilah beliau mengajarkan agama pada pengiringnya yang mengatakan Tuhan dengan nama Sanghyang Widhi lewat penyembahan Surya (surya sewana) 3x dalam satu hari, memakai alat-alat bebali yakni sesajen yang terdiri atas tiga unsur benda : air, api, serta bunga harum. 



Ajaran agamanya dimaksud agama Bali. Makin lama beberapa pengikutnya mulai menebar ke daerah kira-kira, hingga daerah ini dinamakan daerah Bali, daerah yang semua sesuatunya mempergunakan bebali (sesajen) . Dapat diambil kesimpulan kalau nama Bali datang dari kata bebali yang berarti sesajen.

Awal Berdirinya Pulau Bali


Ditegaskan sekali lagi dalam kitab Ramayana yg disusun 1200SM : " Ada suatu tempat di timur Dawa Dwipa yang bernama Vali Dwipa, dimana disana Tuhan diberi kesenangan oleh penduduknya berbentuk bebali (sesajen) . "


Vali Dwipa yaitu sebutan buat Pulau Vali yang lalu beralih fonem jadi Pulau Bali atau pulau sesajen. Tidak salah memanglah interpretasi ini menyaksikan orang Bali memanglah tak dapat terlepas dari sesajen dalam menggerakkan kehidupan setiap harinya.

No comments:

Post a Comment